Resep Wingko Babat Khas Semarang

Resep dan Cara Membuat Wingko Babat

Resep dan Cara Membuat Wingko Babat adalah tidaklah sesulit yang dibayangkan. Wingko atau wingko babat merupakan salah satu jenis makanan tradisional khas Indonesia, yang terbuat dari parutan kelapa dan tepung kemudian ditambah dengan gula pasir. Sebagai perekat adonan biasanya ditambah santan, tetapi ada juga yang menggunakan mentega yang telah dicairkan/. Wingko biasanya berbentuk bundat kecil - kecil sekali makan dan bibungkus kertas. Tetapi wingko babat juga sering dibuat dengan ukuran besar dan diiris kecil - kecil sebelum disajikan.

Wingko babat yang paling populer dibuat di kota semarang, sehinga banyak orang yang mengira wingko berasal dari kota ini. Sebenarnya wingko babat ini sesuai dengan namanya berasal dari daerah babat, yaitu daerah kecil di lamongan, jawa timur. Walaupun babat merupakan kota kecil dibandingkan dengan kota semarang, ada banyak perusahaan penghasil wingko yang menjadi mata pencaharian banyak orang sehingga memiliki peranan penting bagi perekonomian daerah ini.

Pada saat ini, wingko babat sudah bisa dinikmati tanpa perlu anda pergi ke lamongan ataupun semarang, karena anda juga bisa membuatnya sendiri dirumah. Membuat wingko babat dengan aneka bahan yang mudah sekali di dapat dan cara yang cukup mudah. Nah, berikut ini adalah bahan - bahan dan cara membuatnya.

Resep dan Bahan untuk membuat Wingko Babat
  • 1/2 kg Tepung ketan
  • 1/2 kg Gula pasir
  • 1/2 parutan kelapa
  • 3 btr telur ayam
  • Garam secukupnya
  • Mentega dan santan secukupnya
  • Vanili bubuk secukupnya

Cara Membuat Wingko Babat

1. Campurkan gula pasir dan parutan kelapa dengan cara diremas - remas dan dibubuhi garam secukupnya.

2. Masukkan tepung ketan dan vanili bubuk kemudian aduk kembali hingga merata.

3. Kocok telur dan tambahkan pada adonan di atas sambil tetap diaduk hingga merata.

4. Tambahkan santan secukupnya sebagai perekat adonan, tambahkan sesuai selera. Bila tidak suka santan bisa juga diganti dengan mentega yang relah dicairkan.

5. Masukkan pada cetakan bulat kecil - kecil dan panggang hingga matang dalam oven. Atau bisa juga dibakar biasa di atas api dengan menggunakan teflon yang telah diolesi dengan minyak atau margarin agar tidak lengket.

6. Apabila mengugunakn teflon sebagai cetakan, mata potong - potonglah terlebih dahulu sebelum disajikan. Wingko siap disajikan.


Selain rasa original di atas, ada juga wingko dengan rasa durian, cokelat, nangka, strawberry dan lain - lain. Dalam pembuatan wingko, ada yang memakai santan dan ada juga yang memakai mentega yang telah dicairkan. 

Pembuatan wingko babat yang menggunakan mentega yang telah dicairkan mungkin dirasa lebih praktis dan karena pemakaian kelapanya sudah cukup banyak. Ketika menambahkan santan atau mentega yang dicairkan jangan sampai terlalu encer karena dapat mempengaruhi tekstur wingko babat, apabila  terlalu encer maka wingko babat yang dihasilkan akan menjadi lembek. Semoga Resep Wingko Babat Khas Semarang ini bermanfaat dan bisa mencobanya langsung. Selamat mencoba !



0 Response to "Resep Wingko Babat Khas Semarang"

Posting Komentar